,

Dugaan Korupsi Dana Hibah PLN, Mantan Rektor UIN Suska Penuhi Panggilan Jaksa

oleh -401 views

METRO RIAU – Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Senin (22/10/2018). Rektor pada periode 2014-2018 ini akan diklarifikasi terkait dugaan penyimpangan dana hibah dari PT PLN ke UIN Suska Riau.

“Datang untuk diklarifikasi saja,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat Kejati Riau, Muspidauan.

Muspidauan enggan menjelaskan lebih rinci tentang pemanggilan Munzir karena penangan kasus masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket). Belum diketahui, ada tindak pidana korupsi atau tidak.

Selain Munzir, jaksa penyelidik juga meminta klarifikasi dari pihak terkait lainnya, termasuk dari PT PLN. Pantauan di Kejati Riau, selama dua pekan ini pihak dari UIN dan PLN selalu datang sambil membawa dokumen yang dibutuhkan. “Kita masih mencari tindak pidananya,” ucap Muspidauan.

Dugaan penyelewengan dana hibah itu diusut Kejati Riau berdasarkan laporan dari masyarakat. Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan korupsi ini terjadi pada penggunaan dana hibah yang diterima dari PT PLN tahun 2016-2017. Adapun besar anggaran dana hibah itu mencapai Rp7 miliar.

Uang itu guna untuk kegiatan sosialisasi PLN terkait kelistrikan, di mana pihak universitas sebagai pelaksana kegiatan. Namun belakangan diketahui kegiatan itu tidak ada atau fiktif, serta tidak ada pertanggungjawabannya.