,

3 Orang di Sumenep Meninggal Akibat Gempa M 6,4 di Situbondo

oleh -408 views

METRORIAU- Telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 dengan pusat gemoa berapa di 61 kilometer timur laut SItubondo, Jawa Timur , sekitar pukul 01:44:57 WIB pada Kamis 11/10/2018.

Dari keterangan resmi BMKG,gempa di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Namun, goyangan gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Bondowoso, hingga Malang. Bahkan gempa juga dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.

“Saya kaget dan semua bangun keluar rumah. Ini sekarang enggak ada yang masuk rumah lagi. Takut kalau ada gempa susulan,” kata Reni Hayu Pratiwi (41), salah satu warga perumahan Klatak, Kamis (11/10/2018).

Dia sendiri mengaku goyangan yang dirasakan cukup kencang bahkan hingga kaca rumahnya bergetar keras. “Masih terasa pusing,” jelasnya. Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan di wilayah kabupaten Banyuwangi dan wilayah lain di sekitar pusat gempa.

“Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan,” kata Sutopo.

Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Jawa Timur menjadi kawasan terparah terkena dampak gempa. Tiga orang korban tewas juga berasal dari Sumenep. Tiga orang korban tewas tersebut adalah :

1) Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.
2) H. Nadhar (P/55) Dsn. Jambusok, Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.
3) Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.

“Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri,” kata Sutopo.

BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan kerusakan bangunan.

Berdasarkan keterangan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di 61 km sebelah timur laut Situbondo, Jawa Timur. Titik koordinat pusat gempa yakni 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur.

Gempa berada pada kedalaman 10 km. Gempa terjadi pukul 01.44.57 WIB. Gempa ini tak berpotensi tsunami.