,

6 CARA MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

oleh

METRO RIAU- Jantung merupakan organ yang sangat vital. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa sudah terpisah dari raga. Untuk itu menjaga kesehatan jantung sangat penting. Sayang, hal ini masih banyak orang yang belum sadar akan masalah jantung.

Merawat dan menjaga jantung agar tetap sehat memang tidak mudah, tetapi harus dimulai dari sekarang. Mengutip Times Of India, ada 10 cara menjaga jantung tetap sehat:

1. Kenali lemak berbahaya
Sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaan antara berbagai jenis lemak. Padahal terdapat lemak yang bisa membahayakan jantung. Salah satunya lemak trans atau biasa dikenal sebagai lemak tak jenuh.

Lemak trans sering didapati pada makanan cepat saji, makanan kemasan dan makanan olahan serta roti. Ini karena lemak tak jenuh meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dan mengurangi kolesterol baik.

Namun, lemak tak jenuh terkadang dibutuhkan oleh tubuh.Untuk itu mengontrol pola makanan sangat penting untuk kesehatan jantung.

2. Jangan duduk terlalu lama
Pekerjaan yang membuat anda harus duduk terlalu lama harus di hindari. Sebab duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.

Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi bisa meningkat kematian hingga 90 persen.

3. Berhenti merokok
Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Asap pada tokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung walaupun Anda tidak merokok, di mana risiko terkena jantung sebesar 30 persen.

4. Pertahankan kebersihan gigi
Banyak yang tidak tahu tentang hubungan gigi dengan jantung. Kesehatan gigi berarti mendapatkan kesehatan jantung yang baik. Ini karena faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama.

Gigi yang tidak sehat memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah Anda.

5. Tidur cukup
Tidurlah dan beristirahat selama tujuh jam. Sebuah studi menunjukkan mereka yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular lebih dua kali lipat, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kurang tidur mengganggu proses biologis dan dapat mempengaruhi tekanan darah dan menurunkan kondisi jantung.

6. Kontrol tekanan darah
Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung lebih cepat.

Idealnya, jika Anda berusia antara 18 dan 30, Anda harus mendapatkan tekanan darah setiap tiga sampai lima tahun. Jika Anda lebih tua, Anda harus memeriksanya setiap tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.