,

BBM Segera Dipasok, Kapal Tengker Bisa Merapat di Donggala

oleh

MetroRiau-  Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukan) Wiranto menyebutkan saat ini kapal tangker pengangkut BBM sudah bisa merapat di Donggala, Sulawesi Tengah.

Hal ini menjadi pertanda baik mengingat sebelumnya pelabuhan yang ada di Donggala rusak akibat diguncang gempa dan tsunami pada Jumat (28/9) lalu. Akibatnya pasokan BBM terhambat.

“Kapal tanker sudah bisa bersandar di Donggala, memang di Donggala itu pelabuhannya kan kena tsunami rusak,” ujar Wiranto di Korem 132/Tadulako, Kamis (4/10).

Wiranto pun segera memerintahkan untuk dibangun dermaga sementara untuk kapal bersandar. Selain itu dipasangkan juga pipa untuk menyalurkan BMM dari kapal tanker ke Depo Pertamina.

“Saya perintahkan segera bangun dermaga beru jetti sementara untuk bisa kapal tangker bersandar, bisa mompa ke depo Pertamina di Donggala, sehingga pasokan bahan bakar tidak habis,” kata Wiranto.

Wiranto menambahkan kapak tanker BMM itu nantinya akan memompa ke Depo Pertamina Donggala untuk kemudian disalurkan ke Palu. Hal ini juga tak lepas dari jalan Donggala-Palu yang sudah bisa diakses.

“Jalan Darat Donggala-Palu sudah tembus sekarang,” ujarnya.

Untuk pengiriman BBM ke Palu tersebut akan dilakukan menggunakan sembilan truk tangki pengangkut BBM. Truk tangki tersebut, kata Wiranto bisa mengirimkan BBM hingga empat kali setiap harinya.

Wiranto menuturkan sampai saat ini, dari 17 SPBU yang ada, baru 10 SPBU yang beroperasi. Itu pun dilakukan secara manual.

“Saya katakan 17 buka, sekarang pemilik SPBU sudah dikumpulkan, kita kumpulkan untuk membuka SPBU ini. Operatornya kurang karena pada lari, pada ngungsi, saya katakan pakai polisi dan TNI untuk operator,” kata Wiranto.

Nantinya, akan ada 100 operator yang akan didatangkan dari Jakarta untuk membantu operasional SPBU di Palu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.