, ,

Gunung Soputan Meletus , Abu Vulkanik Setinggi 6 Km

oleh

METRORIAU- Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali meletus malam ini. Gunung Soputan saat ini berada pada status level III (Siaga).

“Gunung Soputan terus meletus, keluarkan lava pijar dan abu vulkanik. Status Siaga (level III),” demikian keterangan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitter-nya, Rabu (3/10/2018) pukul 23.35 WIB

Dengan status tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 4 km. Selain itu, masyarakat dilarang beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya dalam radius 6,5 km dari puncak.

“Untuk menghindari guguran lava maupun awan panas,” ujarnya.

Tinggi kolom abu vulkanik Gunung Soputan malam ini 4-6 km di atas puncak kawah atau 5,8-7,8 km di atas permukaan laut. Aliran lava pijar erupsi Gunung Soputan ini teramati ke arah timur laut sejauh 2,5 km dari puncak kawah.

“Teramati ketinggian kolom abu erupsi pada kisaran 4.000-6.000 m di atas puncak atau 5.800-7.800 m di atas permukaan laut,” demikian keterangan MAGMA Indonesia lewat akun Twitter-nya, Rabu (3/10/2018) pukul 22.00 WIB.

Aliran lava pijar erupsi Gunung Soputan ini teramati ke arah timur laut sejauh 2,5 km dari puncak kawah. Letusan ini juga disebut MAGMA Indonesia belum cukup membahayakan permukiman terdekat.

“Sampai saat ini masih aman, masyarakat di area bukaan kawah tinggal cukup jauh (> 9 km) dari puncak Soputan. Yang terdekat di timur lk. 7 km, tapi itu terhalang bukit besar,” tulis Magma Indonesia.

Gunung Soputan saat ini berada pada status level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak gunung. Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

AirNav menyatakan erupsi Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, tidak menganggu operasional bandara. Jalur penerbangan dinyatakan aman.

“Tidak ada bandara yang berada dalam area volcanic ash (VA). Bandara Sam Ratulangi Manado berada 15 NM di batas luar area sehingga tidak mengganggu aktivitas penerbangan di bandara Manado,’ ujar Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait dalam keterangannya.

AirNav menurutnya akan melakukan observasi terus menerus terkait erupsi Gunung Soputan serta memperbarui informasi bila ada gangguan terhadap operasi penerbangan.

Gunung Soputan erupsi pukul 08.47 WITA. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4 km di atas puncak kawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.