, ,

Honda Vario 125 VS Yamaha Lexi, Mana Yang Lebih Unggul?

oleh -151 views

METRO-RIAU – Persaingan ketat dalam segmen skuter matik 125 cc semakin memanas, dan kini sudah semakin banyak pilihannya untuk skuter matik 125 cc.
Pada segmen skuter matik kali ini, Yamaha menghadirkan skuter matik 125 cc barunya yakni Yamaha Lexi, sementara Honda menghadirkan Vario 125.

Kedua motor ini pun menjadi topik perbincangan dan langsung dilakukan tes komparasi pada kedua motor tersebut.
Test ride dilakukan melalui agenda turing dari Jakarta sampai Ciletuh dengan menempuh jarak kurang lebih sekitar 131 km hanya untuk perjalanan berangkat saja.

Yang dibahas dari kedua motor ini adalah perbandingan fitur All New Vario 125 ISS dan Lexi 125 S.
Pada segi penerangan, All New Vario 125 ISS sudah memakai lampu full LED, pada lampu utamanya, maupun lampu seinnya.
Lalu yang unik dari All New Vario 125 ISS, motor ini memiliki tambahan lampu DRL di bagian depan dan lampu sein belakang dengan model terpisah, yang mirip dengan motor Sport.

Sementara itu, motor Yamaha Lexi 125 S telah dibekali dengan lampu depan LED, sedangkan lampu sein dan juga lampu remnya, masih menggunakan bohlam.
Meski begitu, Lexi ternyata sudah dilengkapi dengan fitur lampu hazard yang pastinya sangat berguna jika motor tiba-tiba mengalami masalah di pinggir jalan.

Bicara soal panelnya, baik All New Vario 125 ISS atau Yamaha Lexi 125 S, keduanya sudah menggunakan model full digital dengan layar negatif.

Pada Vario, ada penunjuk status bahan bakar, speedometer, jam, Multi Information Display (MID) yang meliputi odometer, serta infromasi konsumis bahan bakar secara real time yang tertera melalui bar dibawahnya.
Selain itu, masih ada indikator battery (aki), engine check, oil change, dan Idling Stop System (ISS).

Untuk panel pada Yamaha Lexi 125 S, ada penunjuk status bahan bakar, odometer, trip meter, average, volt meter, tingkat kecerahan layar (Backlight), jam digital, indikator VVA (Variable Valve Actuation), Start Stop System (SSS) serta Rpm.

Untuk sistem kunci, All New Vario 125 ISS telah dilengkapi dengan kunci kontak berpengaman magnet serta sudah dilengkapi dengan remote dan tambahan fitur lain seperti Answer Back System dan juga Anti Theft Alarm.

Sementara sistem kunci yang ada pada Yamaha Lexi 125 S ternyata lebih canggih karena sudah menggunakan sistem keyless (Smart Key System), dengan model kenop.
Dari kenop ini, proses menyalakan mesin, membuka jok, hingga mengunci setang bisa dilakukan.

Untuk suspensi pada bagian belakang, Yambaha Lexi 125 S sudah mendapatkan model sok dengan tabung, sedangkan All New Vario 125 ISS masih menggunakan sok yang tanpa tabung.

Untuk soal kompartemennya, All New Vario 125 ISS memiliki dua penyimpanan di bagian dasbor, sedangkan Yamaha Lexi 125 @ hanya memiliki satu kompartemen.
Akan tetapi Yamaha Lexi 125 S ini sudah dilengkapi dengan socket charger yang tentunya akan sangat berguna untuk mengisi ulang baterai gadget sang pengendara.

Bicara soal bagasi dibawah jok, Yamaha Lexi 125 S memiliki ruang dengan volume 12,8 dan All New Vario 125 ISS memiliki ruang yang lebih besar dengan volume mencapai 18 liter.

Jika melihat daftar harga all new Honda Vario 125 terbaru dibanderol Rp 19,1 juta untuk tipe CBS dan 19,9 juta untuk tipe CBS ISS.
Harga ini berstatus on the road Jakarta.

Sedangkan Yamaha Lexi 125 sendiri hadir dalam dua varian dan harganya ternyata lebih mahal.
Untuk model standar Yamaha Lexi dilepas Rp 19,95 juta, sementara model S sebagai tipe tertinggi dipatok Rp 22,8 juta on the road Jakarta.