Ini Tips Agar Iguana Peliharaan Kamu Tetap Sehat dan Bersemangat Setiap Hari

oleh -14.837 views

METRO-RIAU – Komunitas Iguana Medan merupakan wadah untuk menampung para penggemar iguana di Kota Medan. Komunitas ini rutin mengadakan pertemuan setiap hari Minggu di Merdeka Walk, Jalan Balai Kota, Medan.

Kami memang rutin ngumpul, sekalian mau mengenalkan pada orang lain, iguana ini hewan seperti apa, jelas ketua Komunitas Iguana Medan, Herlambang Ramadhana.

Memiliki hobi sama-sama menyukai iguana, sembilan orang di komunitas ini kemudian berkumpul dan meresmikan Komunitas Iguana Medan pada 27 Februari 2018. Selain iguana mereka juga memelihara beberapa hewan lain. Tujuannya untuk melestarikan hewan tersebut.

Kami prihatin sama maraknya hewan yang diburu lalu di konsumsi,” tuturnya, Jumat (29/6/2018).

Herlambang menyatakan, pada pertemuan-pertemuan yang dilakukan, biasanya mereka saling bertukar ilmu dalam memelihara iguana, misalnya kesehatan, pakan, dan semua kebutuhan iguana. Menurutnya memelihara reptil ini tidaklah sulit.

Awalnya saya mau mengadopsi iguana karena setau saya ini bukanlah suatu hal yang sulit. Pakan yang diberikan pun tidak mahal. Jadi pas lah untuk saya, tuturnya sambil tertawa.

Lebih lanjut dijelaskan Herlambang makanan iguana bukan hal yang susah dicari, yakni sayuran dan sesekali daging. Tempat tinggalnya pun tidak perlu dikandang, Cukup diletakkan di dalam kotak plastik.

Dibelakang rumah saya tanam kangkung, jadi makanan iguana bisa dari situ saja, mudah kan.

Satu hal yang terpenting dalam mengurus iguana menurut Herlambang adalah iguana harus dijemur setiap hari.

Agar iguana tetap sehat, sebaiknya dilakukan penjemuran setiap hari. Waktu terbaik menjemur iguana adalah pagi hari, namun bila berbenturan dengan kegiatan boleh dilakukan sore hari.

Meski bisa dijemur pada sore hari, Herlambang tetap menyarankan agar dilakukan penjemuran pagi hari setidaknya sekali dalam seminggu.

Terlebih bagi iguana yang sedang saat menyilangkan iguana. Pada proses ini, iguana yang tidak mungkin dijemur harus diberikan sinar lampu agar tetap hangat.

Komunitas Iguana Medan juga membuka diri untuk orang yang ingin bergabung dan mau belajar tentang iguana.