,

Perekonomian Indonesia Terus Menuju Tepi Jurang

oleh

MetroRiau-  Fluktuasi nilai tukar mata uang dolar AS terhadap rupiah sedang meninggi. Pagi ini (Rabu,10/10), 1 dolar AS bertengger pada level RP 15.217.

Dalam hitungan ekonomi Emrus Corner, Hatoruan, 1-2 bulan ke depan yakni bulan November hingga Desember, dolar akan menembus angka Rp 16 ribu per dolar AS.

“Untuk itu, kini saatnya menyadarkan kita semua bahwa situasi ini berpotensi membawa ekonomi kita ke tepi jurang. Karena itu, tidak saatnya membela diri dan membangun argumentasi yang sangar jauh dari rasionalitas,” tutur ketua LAPD.

Sebab, ia mengamati ada yang mendramatisir situasi ini seakan keadaan ekonomi ke depan mendekati kiamat.

“Ini juga sangat jauh dari rasionalitas. Kiamat ekonomi, tidak mungkin terjadi. Kiamat itu, sudah tidak ada obatnya. Padahal, terus merosotnya nilai rupiah, tentu ada obatnya,” ujarnya.

Menurut dia, dari kajian yang dilakukannya selama 10 tahun lebih, sudah melahirkan metode yang bisa meningkatkan nilai tukar rupiah di tengah menguatnya dolar AS, yang disebut Ekonomi Jalan Baru (EJB). Metode ini telah melalui proses uji di lapangan.

MEJB diyakininya bisa menjadi solusi sangat efektif bila tim ekonomi pemerintah dan para pengambil keputusan serius mengatasi depresiasi tupiah.

Pertanyaannya, akankah tim ekonomi pemerintah masih tetap bertahan dengan model konvensional di tengah depresiasi nilai rupiah terhadap dolar AS?

“Jawabnya, kita ikuti saja episode selanjutnya sebagai reality show tentang ekonomi negeri ini,” ujarnya

One thought on “Perekonomian Indonesia Terus Menuju Tepi Jurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.