,

Rizal Ramli: Rupiah Melemah Rp 15 Ribu Per Dolar Baru Permulaan

oleh

MetroRiau–  Kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini yang tembus di angka Rp 15.065 dianggap sebagai permulaan dari kondisi ekomosi yang bisa lebih berbahaya lagi.

Hal itu disampaikan oleh ekonom senior Rizal Ramli usai diskusi publik tentang ekonomi yang diselenggarakan Fraksi Golkar, di komplek DPR Jakarta, Rabu (3/10).

“Kalau kita tidak siap karena impor yang terus banjir, rupiah Rp 15 ribu ini baru permulaan saja,” ungkap RR biasa disapa.

Sambung RR hal itu didasarkan dari beberapa fenomena yang terjadi. Di antaranya Bank Sentral yang terus akan menaikan bunga hingga 3 tahun ke depan. Menurutnya jelas hal tersebut akan berdampak terhadap kondisi rupiah.

Salain itu, ungkap ekonom yang dikenal kritis tersebut, adanya emerging market juga punya dampak karena terkait dengan komposisi pinjaman kita yang semakin tinggi.

“Kalau kita gunakan angka current acount defisit tahap 1 tang minus 8 miliar dolar AS, BI memberkirakan bahwa current acount defisit tahun ini bakal minus 25 miliar dolar AS. Jelas itu punya dampak ke ekonomi kita,” ujarnya.

Selanjutnya, terang RR terjadinya perang dagang antara Amerika dengan China juga memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

“China tak bisa jualan barang dagangannya di Amerika, pasti dia (China) akan banjiri barangnya ke Indonesia,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.