Tingkatkan Pelayanan bagi Penderita Stroke, RS Awal Bros Panam Hadirkan Terapi rTPA

oleh

METRO RIAU – Bertempat di ruang M Syech, Selasa (9/10/2018), RS Awal Bros Panam, Pekanbaru, menggelar gathering dan press conference tentang layanan unggulan RS Awal Bros Panam.

Gathering dihadiri Agustiar dari PWI Pekanbaru, Firman Agus dari AJI, juga Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pramasdino.

Dalam sambutannya, Direktur RS Awal Bros Panam dr Mutiara Arcan mengatakan, menginjak usia yang hampir memasuki usia ke-5 tahun, RS Awal Bros Panam tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan, terutama pelayanan penyakit stroke.

Karena menurut Mutiara, penyakit stroke merupakan penyebab kematian tertinggi setalah penyakit jantung. Namun untuk di Indonesia stroke merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Lanjut Mutiara, pasien stroke yang sembuh tidak akan sembuh secara total, namun biasanya akan mengalami cacat sehingga harus melakukan fisioterapi medis.

Mutiara juga mengatakan, di RS Awal Bros Panam sendiri, penyakit stroke merupakan salah satu dari 10 penyakit yang paling banyak ditangani. Sehingga akhirnya RS Awal Bros berkomitmen meningkatkan pelayanan penanganan penyakit stroke dengan SDM yang mumpuni dan terampil. Bahkan untuk penanganan pasien stroke, RS Awal Bros Panam memisahkan dari pasien penyakit lainnya.

Dalam pemaparan lainnya, dr Andri Lukas, SpS mengatakan, saat ini pelayanan stroke di RS Panam sudah ada Terapi Trombolitik atau recombinant Tissue Plasminogen Activator (rTPA) yang cara kerja obatnya adalah memecah atau menjebol aliran darah yang tersumbat sehingga aliran darah bisa kembali lancar. Dalam penjelasan dr Andre, rTPA diberikan sebelum tiga jam setelah pasien terkena stroke. Apabila penanganan sebelum 3 jam, biasanya 70 persen motorik akan kembali pulih dibanding pasien stroke yang tidak ditangani rTPA.

3 thoughts on “Tingkatkan Pelayanan bagi Penderita Stroke, RS Awal Bros Panam Hadirkan Terapi rTPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.