Coba Ditutupi Buah Rambutan, Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan 39 Kg Ganja

oleh -327 views

METRO-RIAU.Aksi penyelundupan narkotika kembali terjadi di Kota Dumai. Kali ini, narkoba yang coba diselundupkan adalah ganja kering.

Upaya penyelundupan ini digagalkan Kantor Pengawas dan Penindakan Bea Cukai (KPPBC) Dumai pada Selasa (9/7) sore lalu sekitar pukul 18.00 WIB. Terduga pelakunya dua wanita berinisial KS, SL, dan seorang pria berinisial AR. Mereka tertangkap membawa 39 kilogram ganja.

Kepala KPPBC Dumai, Fuad Fauzi saat rilis media pada Rabu (10/7) mengatakan, penangkapan berawal dari informasi masyarakat akan adanya transaksi besar ganja. Informasi itu menyebut, ganja akan datang dari arah Bagan Besar menuju Mundam, dengan menumpangi angkutan umum.

“Akhirnya keberadaan pelaku berhasil kita lacak, dan tim di lapangan melakukan pengintaian secara terpadu di lokasi kejadian di daerah Mundam. Begitu ciri-ciri pelaku dicocokkan, para pelaku langsung diringkus,” terang Fuad.

Disebutkan, KPPBC Dumai melakukan penangkapan dengan cara menghentikan laju kendaraan umum yang ditumpangi pelaku. Saat digeledah, di dalam kendaraan ditemukan dua karton berisi buah rambutan. Setelah dibongkar, ternyata di dalamnya terdapat 38 bungkus narkotika jenis ganja kering yang dibungkus rapi.

“Awalnya saat dilakulan pemeriksaan tersebut, seorang pelaku berinisial KS yang bertindak sebagai pengendara berusaha kabur. Namun berhasil dihentikan petugas hingga tidak berkutik,” paparnya.

Diduga, narkotika yang berasal dari Aceh senilai Rp200 juta itu akan dikirim ke Malaysia melalui jalur transportasi air di Kota Dumai.

Saat ini, masing-masing pelaku sudah diamankan dan diserahkan ke Polres Dumai untuk ditindaklanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Masing-masing pelaku dan barang bukti sudah kita serahkan ke Polres Dumai untuk diproses secara hukum,” terang Fuad.