, ,

Kalahkan Laos Secara Dramatis, Timnas Indonesia U-18 Melaju Ke Semifinal Piala AFF

oleh -108 views

METRO RIAU – Indonesia menghadapi Laos pada laga ke-4 Grup A Piala AFF U-18 2019. Berikut hasil pertandingan  Piala AFF U-18 2019, Indonesia vs Laos.

Timnas Indonesia U-18 asuhan Fakhri Husaini kembali melanjutkan perjuangan di Piala AFF U-18 2019. Bagus Kahfi dkk menghadapi Laos di Stadion Thong Nhat, Senin (12/08/19).

Setelah melakukan rotasi pada laga melawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia U-18 kembali menampilkan sejumlah pemain utamanya.

Bagus Kahfi, Sutan Zico, dan Supriadi kembali mengisi lini depan, dengan David Maulana sebagai pengatur serangan dari lini tengah.

Kemenangan pada laga ini, akan memastikan langkah Timnas Indonesia U-18 ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019.

Meski tampil dengan pilar-pilar utama, Timnas Indonesia U-18 gagal mencetak gol di babak pertama yang berakhir dengan skor 0-0.

Indonesia sempat tertinggal 0-1 di babak kedua, namun berhasil bangkit dan berbalik menang dengan skor 2-1, serta memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019.

Meski Indonesia lebih banyak menyerang di awal babak pertama, tetapi Laos lebih dulu mendapatkan peluang emas pada menit ke-7.

Tendangan bebas dari pemain Laos cukup akurat dan mengarah ke gawang Indonesia. Beruntung Ernando Ari bisa menghalaunya dan bola muntah segera diamankan.

Giliran Indonesia mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-15, bola diarahkan sebagai umpan oleh David Maulana, namun kiper Laos bisa memetiknya di udara.

Serangan yang silih berganti dilancarkan oleh kedua tim selalu menemui jalan buntu ketika memasuki kotak penalti.

Serangan Indonesia cukup berbahaya pada menit ke-40, sayangnya tendangan dari Brylian Aldama masih melambung di atas mistar gawang.

Sepak pojok pada masa injury time bagi Indonesia, cukup merepotkan pertahanan Laos. Tetapi bola bisa ditinju oleh kiper Laos dan gagal membuahkan hasil.

Skor imbang 0-0 pun menjadi akhir dari babak pertama yang minim peluang berbahaya.

Bagus Kahfi mengawali babak kedua dengan menciptakan peluang, sayang tendangan yang ia lepaskan masih melambung.

Memasuki menit ke-51, Chony Wenpaserth melepaskan tendangan dari jarak dekat ke arah gawang Indonesia, namun Ernando Ari dengan gemilang menepisnya.

Menit ke-54, Fajar Fathurrahman mengecoh bek Laos sebelum melepaskan tendangan, meski tendangannya akurat tetapi kiper Laos mampu menepisnya keluar lapangan.

Crossing dari Fajar Fathurrahman pada menit ke-64 mencipatakan kemelut di depan gawang Laos. Sayangnya baik Bagus Kahfi maupun Sutan Zico gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Laos justru bisa mencetak gol pada menit ke-69 dan memimpin 1-0. Alounnay Lounlasy mengecoh bek Indonesia, Salman, sebelum melepaskan tendangan keras ke pojok gawang.

Hanya butuh waktu 3 menit bagi Indonesia untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Bagus Kahfi yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tendangan jarak dekat ke pojok gawang.

Indonesia akhirnya berbalik unggul di masa injury time. Berawal dari umpan silang ke kotak penalti dari Bagas Kaffa, Bagus Kahfi melakukan gerak tipu.

Bola salah diantisipasi oleh Anoulack Vannalath dan masuk ke gawang sendiri. Indonesia pun memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 dan memastikan lolos ke semifinal.