, , ,

Pemprov DKI verifikasi pendaftaran kartu pekerja secara bertahap

oleh -772 views

METRO RIAU – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di Ibu Kota. Caranya dengan memperluas manfaat Kartu Pekerja Jakarta. Kebijakan ini pun disambut baik oleh para pekerja di Jakarta yang mulai mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Pekerja Jakarta.

“(Disnakertrans) mendata saja. Nanti akan diverifikasi ulang dari kementerian yang membidangi,” ucap Andri saat dihubungi

Menurut Andri, pihaknya telah mengirim formulir pendaftaran ke semua pengusaha dan serikat buruh.

“Kita kan udah kirim ini ke semua pengusaha dan serikat buruh. Yang penting by name atau NIK dan by address,” kata dia.

Berdasarkan data Disnakertrans DKI , sudah ada 88.835 buruh dari 11.104 perusahaan yang terdata. Rinciannya, sebanyak 16.065 pekerja dari 2.008 perusahaan terkana PHK dan 72.770 pekerja dari 9.096, dirumahkan.

Andri meminta pekerja atau buruh yang mengalami hal serupa untuk mengisi data melalui bit.ly pendataanpekerjaterdampakcovid19.

Selain itu, bisa juga mengunduh formulir di bit.ly/formulirkartupekerja lalu kirim ke disnakertrans@jakarta.go.id. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, peserta program Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan dengan total Rp 3.550.000.

Jika dirinci, insentif yang diterima peserta Prakerja tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, lalu insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali. Insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan.