, ,

PM Jepang Yakin Olimpiade Tokyo 2020 Digelar Juli-Agustus Mendatang

oleh -109 views

Metro Riau – Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, meyakinkan berbagai pihak Olimpiade Tokyo 2020 dapat digelar sesuai jadwal, yakni pada Juli-Agustus mendatang. Karena itu, segala persiapan untuk menyambung ajang olahraga multicabang terbesar di dunia tersebut akan dimaksimalkan.

Olimpiade Tokyo 2020 termasuk ajang olahraga yang dikhawatirkan akan ditunda atau bahkan dibatalkan akibat wabah virus Korona Covid-19. Apalagi, Jepang merupakan salah satu negara dengan endemi virus Korona terbanyak, yakni mencapai 1.500 kasus positif dan 29 orang meninggal dunia.

Tingginya jumlah korban tersebut membuat Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyarankan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda. Namun, usai berbincang lewat telefon dengan Trump, Abe tegas menyatakan Jepang tetap melaksanakan Olimpiade 2020 sesuai jadwal, yakni 24 Juli hingga 9 Agustus.

“Kami akan mampu mengatasi penyebaran infeksi virus Korona serta menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 sesuai rencana,” ujar Shinzo Abe dalam konferensi pers, Kamis (19/3/2020).

Pria berusia 65 tahun itu memastikan Jepang akan bekerja sama dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) serta Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk memastikan keamanan ajang akbar tersebut. Meski begitu, keputusan akhir terkait penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 tetap berada di tangan IOC.

Sejumlah ajang olahraga terpaksa ditunda atau dibatalkan akibat virus Korona. Sejauh ini MotoGP, Formula One (F1), dan bulu tangkis, harus menunda dan membatalkan turnamen atau lomba. Bukan tidak mungkin, Olimpiade Tokyo 2020 akan bernasib serupa.