,

Sawa Yang Rusak Akibat Banjir di Data Disperkan RL

oleh -265 views

Metro Riau- Berdasarkan hasil pendataan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Rejang Lebong, jumlah areal persawahan yang terdampak akibat banjir yang terjadi pada Jumat (1/3) kemarin mencapai 20 hektar.

“Untuk data pastinya saat ini masih tahap perekapan, namun berdasarkan laporan dari petugas PPL dilapangan jumlah areal persawahan yang mengalami kerusakan mencapai puluhan hektar,” kata Kepala Disperkan Rejang Lebong. Taman melalui Kabid Ketahanan Pangan ahmad Safriansyah kepada sejumlah awak media, Selasa (5/3).

Puluhan hektare sawah yang mengalami kerusakan akibat banjir yang disebabkan dari luapan sungai Air Duku tersebut, disebutkan dia tersebar di sejumlah desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Curup Utara dan di Kecamatan Curup Timur.

Adapun wilayah yang areal persawahan yang mengalami kerusakan cukup luas yakni di Kecamatan Curup TImur meluputi Desa Duku Ulu mencapai 10 hektare, Duku Ilir 4 hektare serta Kelurahan Karang Anyar diperkirakan mencapai 5 hektare.

Sedangkan di Kecamatan Curup Utara sendiri yakni di Desa Tanjung Beringin dengan luasan mencapai 5 hektare dan 2 hektare di Desa Dusun Sawah.

“Sejauh ini kami masih terus melakukan pendataan, karena tidak menutup kemungkinan masih ada areal persawahan di wilayah lainnya yang terdampak banjir,” imbuhnya.

Dari hasil pendataan itu nantinya akan diketahui pasti jumlah lahan sawah yang mengalami kerusakan, serta mengetahui seberapa banyak sawah yang berpotensi gagal panen, dimana pihaknya akan mengupayakan memberi bantuan bibit padi penganti untuk sawah yang baru melakukan proses tanam.