Tiga Kabupaten di Wilayah Aceh Terdampak Abu Sinabung

oleh -120 views

METRO-RIAU – Tiga wilayah di Aceh dilaporkan terdampak abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung, sejak Minggu kemarin. Tiga wilayah tersebut adalah Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Selata, dan Kabupaten Simeulue.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek mengatakan hingga Senin pagi, abu masih menyelimut tiga wilayah tersebut meski dengan ketebalan yang minim.

Di tiga wilayah ini memang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung. Ini dikarenakan arah angin yang menuju ke arah barat dan tiga daerah ini memang ada yang berbatasan langsung, seperti Aceh Tenggara,” jelas Ahmad Dadek, Senin (10/6/2019).

Terkait hal tersebut, BPBA mengimbau warga untuk menggunakan alat-alat pelindung agar tidak terpapar debu, seperti masker, baju lengan yang panjang dan kacamata.

BPBA mengimbau kepada warga yang wilayahnya terdampak untuk bisa waspada agar tidak terganggu kesehatan. Jadi diharap warga bisa menggunakan alat pelindung seperti masker, kacamata dan berhati-hati saat membersihkan debu,” kata Ahmad Dadek.

BPBA juga mengimbau agar warga menurangi aktivitas di luar ruang karena paparan abu vulkanis bisa menimbulkan keluhan pernapasan, terutama pada orang yang sudah menderita penyakit paru-paru. Paparan abu vulkanik justru dapat memperparah kondisi kesehatan.

Warga juga diimbau untuk menutup jendela, pintu, perapian atau tungku kayu, dan meminimalkan penggunaan penyejuk ruangan maupun pemanas ruangan.

Hal ini akan mencegah masuknya abu dan gas ke dalam rumah,” katanya.