Timnas Indonesia U-19 Akan Menjalani Training Center di Korea Selatan

oleh -38 views

METRO RIAU – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merestui permintaan manajer pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, yang ingin membawa skuad U-19 menjalani training center (TC) di Korea Selatan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu paham, jika TC digelar di Korea Selatan, skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– bisa mendapatkan lawan latih tanding yang berkualitas.

Tarik ulur sempat terjadi antara Shin Tae-yong dengan PSSI. Sejak awal, Shin Tae-yong meminta agar TC Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 digelar di Korea Selatan. Alasannya selain di Korea Selatan banyak klub berkualitas, jumlah kasus virus corona di sana tidak setinggi di Indonesia. Dengan memiliki lawan yang berkualitas, Timnas Indonesia U-19 praktis mendapatkan banyak pengalaman sebelum turun di kompetisi yang sebenarnya. Dalam kondisi normal atau tidak ada virus corona, Timnas Indonesia U-19 bisa saja mengundang sejumlah tim mapan ke Tanah Air.

Namun, keistimewaan di atas tidak dapat dilakukan di tengah pandemi virus corona. Hal itu karena sejumlah penerbangan internasional dibatasi demi meminalisir penyebaran virus corona.

Karena itu, satu-satunya cara agar Timnas Indonesia U-19 mendapatkan lawan uji tanding yang berkualitas dengan menggelar pemusatan latihan di Negeri Ginseng. Namun, TC di Korea Selatan baru bisa dimulai setelah Timnas Indonesia U-19 merampungkan pemusatan latihan di Jakarta. Sebanyak 46 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Sedianya, pemusatan latihan dilangsungkan sejak Sabtu 25 Juli 2020. Namun, karena Shin Tae-yong membutuhkan waktu untuk menyiapkan program latihan, TC baru akan digelar pada Sabtu 1 Agustus 2020.

“Kami kesulitan kalau TC di Indonesia untuk bisa mengundang tim-tim lain datang ke sini. Kalau di Korea Selatan liga sudah jalan, disampaikan tadi ada empat atau lima klub nanti bisa bertanding dengan timnas,” kata Iwan Bule mengutip dari Goal, Kamis (30/7/2020).

“Tim tersebut memang yang berada di daerah Seoul, jarak 40 sampai 30 kilometer, ada tim-tim dari Liga 1 yang bagus di sana (Korea Selatan),” lanjut pria 58 tahun tersebut.

Ketimbang Timnas senior maupun U-16, Timnas Indonesia U-19 paling dijadikan prioritas. Sebab, dalam setahun ke depan, Timnas Indonesia U-19 akan turun di dua ajang besar.

Setelah di Piala Asia U-19 2020 yang digelar 14-31 Oktober 2020, Timnas Indonesia U-19 akan mentas di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 12 Juni. Di Piala Asia U-19 2020 sendiri, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran.